TNI AL Buka Kuota 500 Orang Pendaftaran Komponen Cadangan Matra Laut Tahun 2022 Melalui Lapetal, Lantamal, Lanal

    TNI AL Buka Kuota 500 Orang Pendaftaran Komponen Cadangan Matra Laut Tahun 2022 Melalui Lapetal, Lantamal, Lanal

    Banyuwangi - Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi, Lantamal V Surabaya, Koarmada 2 akan menerima rekrutmen dan validasi pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) matra laut tahun anggaran 2022 di Satuan Administrasi dan Logistik (Satminlog) Markas Komando (Mako) Lanal Banyuwangi, Jl. Raya Situbondo No. 54, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (10/02/2022).

    Sesuai Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara (Hanneg) Melalui Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) TA. 2022 maka Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia melaksanakan perekrutan komponen cadangan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

    Nasi Goreng Campur
    market.biz.id Nasi Goreng Campur
    60% Rp 3.000
    Beli sekarang!

    Cara pendaftaran bagi masyarakat yang ingin bergabung bersama Komcad Matra Laut, bisa mendatangi markas satuan TNI AL yang menjadi tempat lokasi pendaftaran, misalnya Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal), Pangkalan TNI AL (Lanal). Sementara itu Pemerintah RI menyediakan metode pendaftaran Komcad Matra Laut melalui berbagai cara seperti, Website: http://www.komcad.kemhan.go.id dan Aplikasi Komcad yang dapat diunduh melalui Google Play atau App Store atau WhatsApp Chat Box ke nomor 0899-0170845. Untuk informasi lebih lanjut mengenai proses rekrutmen Komcad dan cara pendaftaran dapat dilihat di https://komcad.kemhan.go.id/video-pendaftaran-baru.

    Syarat peserta Komcad Matra Laut: Pembentukan Komcad Matra Laut dilaksanakan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran baru penetapan sebagai komponen cadangan. Untuk persyaratan peserta Komcad tertuang dalam Permenhan RI No 3 Tahun 2021 tentang Pembentukan, Penetapan, dan Pembinaan Komponen Cadangan: Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat pembukaan pendidikan dasar militer. Sehat jasmani dan rohani. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Calon komponen cadangan (komcad) harus berpendidikan paling rendah sekolah menengah pertama (SMP) atau sederajat.

    BROADCAST.CO.ID
    market.biz.id BROADCAST.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Seleksi Komcad Matra Laut bagi mereka yang memenuhi syarat, maka dapat mengikuti seleksi komponen cadangan (komcad) Matra Laut yang terdiri dari uji pengetahuan umum, uji kesamaptaan jasmani, uji pengetahuan dan wawasan, dan uji sikap. Jika lolos dari berbagai tes seleksi penerimaan Komcad Matra Laut selanjutnya peserta menjalani pelatihan dasar kemiliteran di Pusdiklatsarmil atau di Kodikmar, Kodiklatal Surabaya.

    Para peserta nantinya mendapatkan uang saku selama pendidikan atau pelatihan, perlengkapan perorangan lapangan, perawatan kesehatan, dan perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian serta tetap menerima hak atas gaji dan tunjangan kinerja dan atau tunjangan Jljabatan, seperti ketika menjalankan tugas kedinasan di instansinya (ASN, BUMN, Swasta).

    URBANESIA.ID
    market.biz.id URBANESIA.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, Dari kuota yang tersedia, pihaknya mencari calon personel komcad yang diproyeksikan bisa mengawaki alat utama sistem persenjataan (alutsista) seperti kapal perang dan pesawat udara. Kalau komponen (komcad) angkatan laut tidak lepas dari pengawakan alutsista. Sehingga, komponen cadangannya kita cari para personel-personel yang bisa mengawaki alutsista baik kapal maupun pesawat udara, " tuturnya saat di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (27/01/2022). Sedangkan Juru Bicara (Jubir) Menhan RI Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan, proses rekrutmen atau pendaftaran Komcad bakal dilaksanakan sekitar April-Mei 2022.

    Senada dengan Kasal dan Jubir Menhan RI, Pasminlog Lanal Banyuwangi mengatakan, setelah para calon Komcad Matra Laut mendaftar secara online, rencananya untuk pendaftar dari wilayah tapal kuda (Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi) validasinya di Lanal Banyuwangi, Lantamal V Surabaya. "Seperti penerimaan Caba PK dan Cata PK dikoordinir Lapetal Mabesal dan yang lulus tes uji rekrutmen akan dilangsungkan pendidikannya di Kodiklatal/Kodikmar Surabaya, " ucapnya.

    POLITISI.ID
    market.biz.id POLITISI.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Banyuwangi Jatim
    Soberi

    Soberi

    Artikel Sebelumnya

    ODGJ Resahkan Warga, Satpol PP Purwoharjo...

    Artikel Berikutnya

    Jadwal dan Harga SIM Keliling Polresta Banyuwangi

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Suferi

    Suferi verified

    Postingan Bulan ini: 9

    Postingan Tahun ini: 43

    Registered: May 4, 2021

    N. Wijanarko

    N. Wijanarko verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 7

    Registered: Oct 4, 2021

    Agung widodo

    Agung widodo verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 2

    Registered: Apr 8, 2021

    Suhendi

    Suhendi verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 11

    Registered: Apr 25, 2022

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    KKN Abmas ITS Kembangkan Modul Sociopreneur Pengusaha di Malang
    Tiga Ksatria Airlangga Sabet Juara I Lomba Debat Nasional
    UB Lakukan Kajian Risiko Bencana di Kepulauan Anambas
    KKN-T DM Bantu UD Kopi Ledug Buat Sistem Manajemen Mutu Perusahaan

    Rekomendasi

    Inovasi Mahasiswa UNAIR Buat Artificial Meniskus
    FS Tersangka, Kapolri Lulus Ujian Terberat
    Bantu Sejahterakan Ekonomi Warga, Tim PKM-PM Psikologi UNAIR Lolos Pendanaan
    Kasus Perundungan di Tasikmalaya, Pakar UNAIR: Peran Lingkungan Korban Alami Trauma Hingga Gangguan Fisik
    Vokasi ITS Kembali Peroleh Sertifikasi Keprofesian dari BNSP dan LSP

    Ikuti Kami