Bupati Banyuwangi Lantik Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak 2021 dan PAW

    Bupati Banyuwangi Lantik Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak 2021 dan PAW
    Pelantikan Kepala Desa hasil Pilkades serentak 2021 dan PAW oleh Bupati Banyuwangi

    Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melantik Kepala Desa (Kades) hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021, di Ruang Rapat Rempeg Jogopati, Kamis (16/12/2021). Dalam kesempatan tersebut, Ipuk meminta agar kades membudayakan kerja inovatif di lingkungan desa.

    Dalam sambutannya, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengucapkan selamat kepada Kades yang baru saja dilantik. Dirinya berharap setelah ini semua Kepala Desa harus segera bergerak untuk mendedikasikan segenap kemampuan dan energi, ciptakan inovasi baru, serta berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Ipuk juga meminta agar para Kepala Desa yang baru saja dilantik segera beradaptasi dengan lingkungan kerja masing-masing. "Ciptakan ekosistem yang baik, bangun konsolidasi, dan buat budaya kerja inovatif untuk mengakselerasi capaian kinerja, " pintanya.

    Cortado steamed milk
    market.biz.id Cortado steamed milk
    9% Rp 2.300
    Beli sekarang!

    Bupati perempuan itu mengatakan, saat ini lingkungan berubah sangat dinamis dan kompetitif. Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang lebih berkualitas, cepat, dan mudah kian meningkat. "Maka para kepala desa tidak boleh terjebak dalam rutinitas yang monoton. Kepala desa harus lebih responsif mewujudkan pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, dan ramah dengan mengoptimalkan program Smart Kampung. Handphone jangan sampai mati. Karena dengan program Smart Kampung layanan publik bisa diakses lewat handphone, " jelasnya.

    Selain itu menurut Ipuk, para kades harus meningkatkan kinerja untuk masyarakat. Kades harus sering turun ke lapangan melihat berbagai permasalahan di bawah. "Sering-seringlah menemui masyarakat. Cek apa permasalahannya, dan segera carikan solusinya. Upayakan setiap permasalahan bisa diselesaikan dalam waktu maksimal 4 jam. Terlebih yang berkaitan dengan warga kesulitan makan, sekolah, berobat, dan rumah tidak layak huni. Ini harus segera direspon, " ucapnya.

    Ipuk menambahkan, para Kepala Desa harus menetapkan target kinerja kepada jajarannya. Setiap hari harus memastikan melakukan apa. Semua harus jelas, kalau perlu lakukan evaluasi kinerja setiap minggu. Sehingga ketika ada program yang tidak berjalan dengan baik, segera tahu permasalahannya dan bagaimana solusinya.

    24JAM.CO.ID
    market.biz.id 24JAM.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Hal penting berikutnya yang perlu dilakukan para kepala desa, kata Ipuk, adalah mengaktifkan media sosial sebagai instrumen pelaporan kinerja pemerintahan desa. "Melaporkan berbagai kegiatan desa lewat medsos sehingga masyarakat tahu program apa saja yang dikerjakan desa. Ini cara pelaporan yang mudah sebagai bentuk pertanggungjawaban Bapak/Ibu kepada masyarakat. Sekaligus jika ada keluhan warga, bisa langsung ditindak lanjuti. Misalnya, keluhan jalan rusak, rumah tidak layak huni, dan sebagainya, " ujarnya.

    Ipuk juga mendorong budaya kolaborasi dan kerjasama di lingkungan pemerintahan desa. Menurutnya, jangan lagi ada ego sektoral. Bangun ekosistem yang baik, kolaborasi bersama berbagai pihak agar tugas Bapak/Ibu menjadi ringan. Kalau perlu bangun kerjasama antar desa untuk mendukung program-program daerah.

    ZONE.CO.ID
    market.biz.id ZONE.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    "Kepala Desa harus lebih terbuka terhadap kritik, keluhan, maupun saran dari warga. Jangan takut menghadapi keluhan warga. Terima, tampung, dan diskusikan dengan pihak terkait untuk mencari jalan keluarnya. Jangan sampai ada perkataan, ini bukan tugas kami. Semuanya bisa dicarikan solusi jika dikomunikasikan, " pungkasnya.

    Pelantikan kali ini, diikuti 8 Kepala Desa hasil Pilkada serentak tahun 2021 dan dua Kepala Desa hasil pemilihan Kepala Desa antar waktu (PAW). (HR)

    JOURNALIST.ID
    market.biz.id JOURNALIST.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Banyuwangi Jawa Timur
    Soberi

    Soberi

    Artikel Sebelumnya

    Bangun Sinergi, Lapas Banyuwangi Terima...

    Artikel Berikutnya

    Terlibat Adu Banteng, Pengendara Asal Lumajang...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Suferi

    Suferi verified

    Postingan Bulan ini: 9

    Postingan Tahun ini: 43

    Registered: May 4, 2021

    N. Wijanarko

    N. Wijanarko verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 7

    Registered: Oct 4, 2021

    Agung widodo

    Agung widodo verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 2

    Registered: Apr 8, 2021

    Suhendi

    Suhendi verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 11

    Registered: Apr 25, 2022

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Tiga Ksatria Airlangga Sabet Juara I Lomba Debat Nasional
    Adakan Donor Darah, BEM FAPET Kolaborasi dengan BEM FKG dan PMI
    UB Lakukan Kajian Risiko Bencana di Kepulauan Anambas
    KKN-T DM Bantu UD Kopi Ledug Buat Sistem Manajemen Mutu Perusahaan

    Rekomendasi

    Inovasi Mahasiswa UNAIR Buat Artificial Meniskus
    FS Tersangka, Kapolri Lulus Ujian Terberat
    Bantu Sejahterakan Ekonomi Warga, Tim PKM-PM Psikologi UNAIR Lolos Pendanaan
    Kasus Perundungan di Tasikmalaya, Pakar UNAIR: Peran Lingkungan Korban Alami Trauma Hingga Gangguan Fisik
    Vokasi ITS Kembali Peroleh Sertifikasi Keprofesian dari BNSP dan LSP

    Ikuti Kami